ALAMAT : KANTOR PUSAT & ASRAMA PUTRI 1 JL. MERBABU NO 26 KODE POS 63121 TLP. 0351-453920, ASRAMA PUTRI 2 JL. JOIRANAN NO 25, ASRAMA PUTRA JL. TRENGULI NO 18B, rintisan mbs hamka jl poncowati demangan kota madiun
Home » » Sumber Ideologi Muhammadiyah

Sumber Ideologi Muhammadiyah

Written By pa-ponpes-muhammadiyah-madiun on Oktober 16, 2012 | 14.26



Ideologi Muhammadiyah bersumber dari pemikiran pendiri dan tokoh-tokoh generasi awal Muhammadiyah, seperti K.H. Ahmad Dahlan, K.H. Mas Mansur, dan lain-lainnya. Pemikiran yang dirumuskan oleh para pemimpin Muhammadiyah merupakan jawaban terhadap realitas, permasalahan dan tantangan yang timbul ketika Muhammadiyah lahir dan tumbuh sebagai sebuah gerakan keagamaan. Gagasan-gagasan Ahmad Dahlan yang terangkum dalam Falsafah Ajaran dan 17 Kelompok Ayat-ayat Al-Qur’an Ajaran KHA Dahlan, dan pemikiran Mas Mansur tentang Kesimpoelan Djawaban Masalah Lima, merupakan “ideologi” dan sekaligus sumber bagi perumusan ideologi Muhammadiyah pada generasi berikutnya.
Proses perumusan ideologi Muhammadiyah terus berlangsung seiring dengan kebutuhan organisasi untuk menjawab atau mengatasi berbagai masalah yang muncul pada setiap episode perkembangan Muhammadiyah. Selain pemikiran-pemikiran yang bersifat individual, rumusan-rumusan yang ditetapkan melalui forum-forum resmi, seperti muktamar atau sidang tanwir, juga merupakan ideologi Muhammadiyah. Karena itu, ideologi Muhammadiyah dapat dipahami dari rumusan-rumusan dalam Muqaddimah Anggaran Dasar Muhammadiyah, Masalah Lima, Kepribadian Muhammadiyah, Keyakinan dan Cita-Cita Hidup Muhammadiyah, dan Pedoman Hidup Islami Warga Muhammadiyah. Termasuk ideologi Muhammadiyah adalah Pernyataan Pikiran Muhamamdiyah Jelang Satu Abad, dan Revitalisasi Ideologi Muhammadiyah: Konsolidasi Bidang Keyakinan dan Cita-Cita Hidup. Bahkan, berbagai rumusan tentang khittah perjuangan Muhammadiyah (Khittah Palembang; Khittah Ponorogo; Khittah Ujung pandang; Khittah Surabaya; dan Khittah Denpasar) dapat dikategorikan sebagai kandungan dari ideologi Muhammadiyah, yang dirumuskan untuk menjawab tuntutan masyarakat pada episode tertentu perkembangan Muhammadiyah. Dengan demikian, adalah benar jika dikatakan bahwa ideologi merupakan rumusan yang bersifat tentatif dan terus menerus mengalami penyempurnaan secara dinamis mengikuti dinamika organisasi dan masyarakat, karena ideologi dirumuskan untuk mengatasi masalah dan menjawab tantangan yang bersal dari luar agar keberadaan organisasi tetap dapat dipertahankan.

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | admin | Mas Template
Copyright © 2011. Panti-Asuhan-Muhammadiyah-Madiun - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by admin wabsite PA Ponpes Muhammadiyah Madiun